Aplikasi Stem Gitar

3 min read

Sebelum memainkan gitar, Anda harus melakukan penyetelan atau stem pada alat musik tersebut. Sayangnya proses stem gitar itu tidak mudah. Namun saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi stem gitar yang akan memudahkan proses penyetelan suara senar.

Tentunya aplikasi ini sangat cocok sekali bagi Anda yang tidak memiliki kepekaan suara yang tinggi. Karena untuk menyetem gitar harus memiliki telinga yang mampu membedakan setiap petikan dari senar gitar mulai nomor 1 sampai nomor 6.

Aplikasi Stem Gitar

Mungkin Anda membayangkan sebuah aplikasi stem yang cukup rumit dalam penggunaanya. Padahal hampir semua aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan. Agar tidak penasaran lagi, berikut ini beberapa aplikasi tersebut dan ulasannya:

1. Chromatic Guitar Tuner Free

chromatic guitar tuner free

Aplikasi pertama yang bisa Anda pilih bernama Chromatic Guitar Tuner Free. Sesuai dengan namanya, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di pusat aplikasi smartphone

Keunggulan pertama yang ditawarkan Chromatic Guitar Tuner Free adalah tampilan interface yang bersahabat. Bahkan bagi Anda yang tidak begitu paham dengan teknologi pasti bisa menggunakan dan mengoperasikan aplikasi ini untuk menyetem gitar. 

Selain memiliki sensor untuk menyetem gitar, aplikasi ini juga memiliki beberapa penyetelan alat musik lain. Anda bisa juga menyetel suara dari alat musik Bass, Biola, Ukulele sampai Banjo. 

Tidak heran jika pengguna aplikasi ini sangat banyak sekali mencapai 10 juta download.

2. Cifra Club Tuner

cifra club tuner

Berikutnya ada aplikasi dengan nama Cifra Club Tuner. Tampilan aplikasi stem gitar ini juga tergolong sangat sederhana dan mudah dipahami. Ada banyak sekali fitur di dalam aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menyetem gitar dengan maksimal dan baik.

Posisi setiap fitur juga tidak begitu membuat para pengguna kebingungan. Kemudian seperti aplikasi sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur di dalamnya untuk menyetem Bass, Banjo dan beberapa alat musik lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Karaoke PC

3. Cleartune

cleartune

Bagi Anda yang ingin hasil stem gitar yang lebih maksimal dan enak di dengar layaknya pemain profesional, bisa memilih Cleartune. Meski memiliki tampilan dan cara kerja yang simpel, tapi untuk hasil akhir penyeteman sangat baik sekali.

Bahkan mungkin Anda tidak akan menyangka aplikasi yang sederhana ini mampu menuntun penyeteman gitar dengan baik. Sayangnya banyak yang memberikan review bahwa aplikasi ini lebih cocok pada smartphone dengan ukuran 4 inch dan di atasnya.

Jadi jika HP Anda ukurannya di bawah 4 inch, maka disarankan memilih aplikasi stem gitar yang lainnya.

4. Tuner-gStrings

tiner gstrings

Aplikasi hasil pengembangan dari cohortor.org ini juga dilkenal mampu menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menyetem gitar. Dengan memilih aplikasi stem gitar ini, maka hasil suara petikan gitar menjadi jauh lebih baik dan enak di dengar.

Terutama bagi Anda yang memiliki profesi sebagai musisi, maka sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Karena jika hanya mengandalkan kepekaan telinga, maka hasil penyeteman menjadi kurang maksimal. 

Efeknya para pendengar bisa saja merasa kurang nyaman dengan petikan gitar Anda. Fitur di dalam aplikasi ini seperti pada umumnya aplikasi stem yaitu tersedia penyeteman untuk beberapa alat musik lain. 

Kemudian ada banyak sekali pilihan tuning yang tersedia dan bisa Anda gunakan secara bebas.

5. PitchLab Guitar Tuner Lite

pitchlab guitar tuner lite

Dibandingkan dengan beberapa aplikasi stem gitar lainnya, PitchLab Guitar Tuner Lite memiliki tampilan yang jauh lebih menarik. Bahkan Anda bisa memilih beberapa opsi tampilan di dalamnya sesuai dengan selera. 

Bahkan ada juga pilihan tampilan penyeteman untuk gitar listrik atau akustik. Walaupun mengedepankan interface, untuk masalah performa tidak perlu diragukan lagi. 

Ada beberapa fitur andalan seperti tahap tuner, matriks chord, tuner poliponik, spectrogram dan fitur unggulan lainnya.

6. Guitar Tuna

guitar tuna

Ada juga aplikasi stem gitar yang menawarkan fitur-fitur layaknya seorang musisi profesional. Aplikasi ini adalah Guitar Tuna yang juga menjadi aplikasi untuk stem gitar paling terkenal. Tentu pertama tampilan halamannya sangat mudah dipahami.

Anda akan bisa melihat bagaimana tampilan posisi senar yang disesuaikan dengan kunci gitarnya. Lalu aplikasi akan menganalisa hasil petikan apakah sudah sesuai dengan standar profesional atau belum. Selain itu di dalamnya juga tersedia banyak sekali chord gitar.

Uniknya lagi ada beberapa game sederhana di dalamnya yang bisa Anda mainkan ketika sedang jenuh. Aplikasi profesional ini bisa Anda dapatkan gratis dari pusat aplikasi smartphone.

7. DaTuner

datuner

Khusus untuk Anda yang memiliki HP dengan spesifikasi rendah, jangan khawatir karena ada aplikasi stem gitar yang ringan dan tetap berkualitas. Aplikasi ini adalah DaTuner dengan persyaratan penginstalan yang rendah.

Jika Anda ingin memasang aplikasi ini ke HP, maka spesifikasi minimalnya adalah Android versi 2.3.2 ke atas. Tentu untuk syarat versi  Android tersebut sangat mudah dipenuhi. Karena hampir sebagian besar HP di zaman sekarang memiliki OS Android diatas 2.3.2.

Walaupun syarat spesifikasinya rendah, tapi untuk masalah kualitas tidak perlu diragukan lagi. Dengan beban yang ringan, aplikasi DaTuner ini memiliki tampilan stem gitar yang sangat futuristik dan menarik. Mungkin Anda tidak mengira kalau aplikasi ini ukurannya kecil.

Sayangnya berdasarkan review dari para pengguna, untuk hasil akhirnya harus Anda maksimalkan dengan kepekaan telinga. Karena akurasi analisa suara oleh aplikasi ini masih kurang maksimal. 

Tapi ini tidak mengherankan mengingat HP kelas bawah dengan minim sensor sudah bisa menginstalnya. Jadi memang kemampuan analisa suara senar disesuaikan dengan spesifikasi HP kelas bawah.

8. Pano Tuner

pano tuner

Aplikasi stem gitar berikutnya ini direkomendasikan bagi Anda yang selama ini mencari jangkauan pitch sensor dengan jauh lebih luas lagi. 

Jika dibandingkan dengan aplikasi serupa, memang Pano Tuner ini lebih unggul karena kemampuannya dalam proses stem gitar. Pano Tuner dikembangkan oleh Kaleloft LLC dan diklaim bahwa tingkat akurasi hasil akhir penyeteman cukup tinggi. 

Karena memiliki tingkat kecepatan dan sensitivitas yang tinggi terhadap suara yang diterimanya. Dari segi interface, Pano Tuner memiliki penggambaran yang retro klasik. 

Sehingga memberikan sensasi yang berbeda saat Anda menggunakan aplikasi ini untuk menyetem gitar.

9. Pro Guitar Tuner

pro guitar tuner

Bagi para pengguna alat musik gitar yang sudah profesional dan memahami dunia musik, disarankan memilih aplikasi stem yang bernama Pro Guitar Tuner. 

Dari namanya saja Anda pasti sudah mengira bahwa aplikasi ini diperuntukkan bagi para pemain gitar profesional atau pro. Jika masih awam maka disarankan tidak memilih aplikasi ini. Di dalamnya terdapat banyak sekali fitur-fitur yang canggih untuk menyetem gitar. 

Anda bisa memilih berbagai cara untuk melakukan tuning. Anda juga bisa memilih berbagai jenis setelan senar gitar. Karena biasanya setiap jenis lagu memiliki karakteristik nada yang berbeda. Sehingga penyeteman gitar juga tidak bisa disamakan. 

Aplikasi ini mampu membantu Anda membuat setelan senar gitar sesuai karakter lagu yang akan dibawakan.

Aplikasi stem gitar sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak lihai mendengarkan setiap petikan senar. Apalagi beberapa aplikasi di atas juga tersedia bagi HP dengan spek rendah. Jadi Anda akan tetap bisa menyetem gitar dengan modern meski memiliki HP spek rendah.