Cara Instal Ulang Windows 7

3 min read

Instal ulang seringkali terdengar sebagai hal yang menakutkan, terutama untuk mereka yang belum memahami sistem komputer. Padahal sebenarnya, instal ulang adalah hal yang cukup sederhana dan mudah dilakukan. Hanya saja, tentu Anda harus tahu bagaimana langkah yang tepat untuk melakukannya.

Sebagaimana diketahui, instal ulang sering dilakukan sebagai solusi dari perangkat PC yang mulai lambat ataupun terserang virus. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara instal ulang Windows 7 pada perangkat PC dengan mudah untuk pemula.

Meskipun Windows 7 termasuk Windows versi lama, namun pada kenyataannya seri program ini masih cukup banyak digunakan. Tampilan yang sederhana bisa jadi menjadi alasan kenapa Windows 7 masih banyak digunakan. Lantas, bagaimana langkah untuk melakukan instal ulang Windows 7? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Instal Ulang

Sebelum memulai proses instal ulang Windows 7, ada beberapa persiapan penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Tentu saja, persiapan ini nantinya akan berpengaruh pada sukses atau tidaknya cara instal ulang Windows 7 yang Anda lakukan.

Beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan DVD Windows 7 atau Anda bisa burn file ISO yang diunduh ke DVD
  2. Setting BIOS agar bisa melakukan booting dari DVD
  3. Backup data penting terlebih dahulu, terutama data yang disimpan di drive C. Anda bisa memindahkannya ke drive lain atau menggunakan hard disk eksternal untuk penyimpanan sementara
  4. Jika Anda melakukan instalasi pada laptop, pastikan perangkat memiliki daya baterai yang cukup untuk memulai proses instalasi dan pastikan perangkat tidak kehabisan daya.

Bagaimana Cara Setting BIOS?

Dari beberapa bagian cara instal ulang Windows 7 di langkah persiapan, setting BIOS kemungkinan menjadi pertanyaan yang akan muncul. Nah, perlu diketahui bahwa umumnya, perangkat akan booting pertama kali dari HDD. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan pengaturan agar booting tersebut dilakukan melalui DVD yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk melakukan setting BIOS, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Pertama “restartperangkat terlebih dahulu
Cara Instal Ulang Windows 7
  • kemudian pada saat perangkat sudah mulai menyala tekan tombol “delete” pada keyboard kalian.
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Setelah itu, akan masuk ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS, Anda perlu menekan salah satu tombol. Umumnya, tombol yang digunakan adalah “DEL, F1, F2 atau Fn+F2” tergantung dari merek perangkat.
  • Jika sudah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan “BIOS” seperti gambar di bawah ini.
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Kemudian Arahkan tab ke menu boot “Advanced Setup” dengan menggunakan cursor
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Atur agar posisi boot dengan DVD berada di urutan pertama atau angka satu. Anda bisa menggeser posisi ini dengan menggunakan tombol “Panah keatas atau Panah kebawah
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Jika sudah, jangan lupa untuk memasukkan DVD yang sudah disiapkan tadi ke drive. Kemudian, tekan tombol “F10” untuk menyimpan setting BIOS yang baru dan keluar dari menu BIOS tersebut.
Cara Instal Ulang Windows 7

Nah, dengan beberapa langkah tersebut, Anda sudah berhasil mengubah pengaturan booting perangkat. Hal yang perlu digaris bawahi adalah ada kemungkinan perbedaan tombol yang digunakan untuk masuk ke menu BIOS. Oleh karenanya, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu sesuai dengan merek perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10

Cara Instal Ulang Windows 7

Selanjutnya, setelah setting BIOS sudah selesai, maka Anda bisa memulai proses instal ulang. Sebagaimana disinggung di awal, sebenarnya proses instal ulang Windows 7 ini cukup simple dan sederhana.

Untuk memulai proses instalasi, simak detail cara instal ulang Windows 7 di bawah ini.

  • Setelah perangkat restart dan menyala, tekan salah satu tombol keyboard secara asal untuk memulai proses instalasi
  • Jika sudah, Anda akan mendapatkan pilihan time and currency format. Untuk pilihan ini, maka pilih opsi “Indonesia atau default“. Selain itu, untuk opsi language to install serta keyboard or input method, biarkan pada setting awal atau default. Jika sudah, klik “next
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Selanjutnya, untuk memulai proses instalasi Windows 7, Anda hanya perlu klik opsi “install now” yang muncul di layar
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Pilih atau klik “Windows 7 Ultimate“, kemudian pilih “next
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Beri tanda centang pada menu “Iaccept the license terms“, kemudian pilih “next
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Anda akan mendapatkan beberapa pilihan atau variasi detail instalasi Windows 7. Dalam hal ini, Anda bisa memilih opsi “custom (advanced)
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Selanjutnya, untuk proses instal ulang, Anda cukup menghapus disk 0 partition 2 (partisi C:) dan disk 0 partition 1: system reserved.
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Opsi ini akan mengamankan data Anda yang tersimpan di partisi yang lain. Nantinya, partisi yang dihapus akan secara otomatis menjadi “unallocated space
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Lalu, silakan membuat partisi yang baru lagi –di mana secara otomatis akan menjadi disk 0 partition 2. Setelah itu, gunakan partisi tersebut sebagai lokasi penyimpanan file instalasi Windows 7. Setelah proses partisi ini, proses instalasi sistem Windows 7 akan berlangsung. Proses ini cukup lama karena memakan waktu sekitar 20 menit. Selama proses berlangsung, perangkat akan melakukan restart atau reboot beberapa kali. Anda hanya perlu mendiamkannya saja dan memastikan baterai tidak habis.
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Tunggu proses sebelumnya hingga selesai dan jangan menekan tombol apapun pada keyboard perangkat Anda atau proses instalasi harus diulang lagi
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu memberikan nama pengguna serta nama komputer “isi nama” pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya, klik “next
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Jika sudah, “masukkan password” untuk akun Windows demi keamanan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya membuat password yang kuat agar tidak mudah di bobol dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka. Pilih “next
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Untuk time zone atau zona waktu, pilih UTC+07.00
Cara Instal Ulang Windows 7
  • Proses instal ulang Windows 7 sudah selesai dan perangkat Anda siap untuk digunakan
  • Jangan lupa untuk mengeluarkan DVD yang digunakan untuk instalasi tadi dari drive.

Nah, beberapa langkah di atas akan membantu Anda untuk melakukan instal ulang perangkat dengan Windows 7. Jika dilihat saksama, proses instalasi Windows 7 tidak terlalu rumit dan cenderung cukup mudah termasuk untuk pemula.

Hanya saja, bukan berarti tidak ada peluang untuk gagal saat melakukan instalasi. Oleh karena itu, simak dengan cermat detail dari cara instal ulang Windows 7 sebagaimana disebutkan di atas agar Anda bisa melakukan proses instalasi tanpa ada masalah yang berarti. Selamat mencoba!

Bio WA Aesthetic

Den Bagus
3 min read

Bio IG Islami

Den Bagus
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.