Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

3 min read

Saat ini hampir semua pengguna smartphone bisa menggunakan kartu SIM dengan bebas. Namun efeknya mereka tidak pernah memakai SIM Indosat yang sebelumnya digunakan. Tentu hal ini akan membuat masa aktif habis. Tapi ini bisa diatasi dengan cara memperpanjang masa aktif Indosat.

Cara memperpanjang masa aktif tersebut bisa Anda jadikan alternatif ketika nomor Indosat akan mati. Karena ketika nomor sudah mati, maka Anda tidak bisa lagi menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

Kebebasan penggunaan SIM memang membuat Anda lebih leluasa memilih berbagai provider dengan paket internet murah. Namun Anda harus tetap memperhatikan nomor Indosat lama Anda agar tetap dalam masa aktif.

Mengingat sudah ada banyak sekali orang yang mengenali Anda lewat nomor tersebut. Sehingga ketika nomor mati, maka orang lain akan kebingungan bagaimana cara menghubungi Anda kembali.

Agar hal tersebut tidak terjadi, lakukan saja cara memperpanjang masa aktif Indosat di bawah ini:

1. Perpanjang Dengan Membeli Pulsa

Perpanjang Dengan Membeli Pulsa

Untuk cara pertama ini tentu Anda sudah tahu sejak dulu yaitu perpanjang masa aktif dengan membeli pulsa. Bahkan sebelum adanya banyak layanan dari provider seperti saat ini, Anda hanya bisa memperpanjang masa aktif dengan menggunakan pulsa saja.

Di zaman yang sudah sangat modern seperti ini, cara memperpanjang masa aktif dengan membeli pulsa juga masih bisa Anda lakukan. 

Bahkan cara ini bisa menjadi pilihan utama ketika Anda sedang bingung karena nomor Indosat sudah mendekati masa tenggang atau bahkan mau mati.

Anda bisa melakukan pembelian pulsa Indosat dengan berbagai cara seperti lewat counter, ATM, Internet Banking, toko online dan lain-lain. Karena yang paling penting nomor Anda bisa terisi dengan pulsa agar masa aktifnya bertambah.

Ada rincian berapa hari masa aktif yang bisa Anda dapatkan setelah membeli pulsa. Pembelian pulsa 5 ribu akan menambah 5 hari masa aktif. Pulsa 10 ribu menambah 15 hari, pulsa 25 ribu bertambah satu bulan, 50 ribu bisa sampai 45 hari dan seterusnya.

Semakin banyak pulsa yang Anda isi, maka penambahan masa aktif semakin banyak.

Baca Juga : Cara Memperpanjang Masa Aktif Axis

2. Perpanjang Dengan Paket Masa Aktif

Nah dari cara memperpanjang masa aktif Indosat sebelumnya Anda bisa mendapat masa aktif setelah membeli pulsa. Namun masalahnya, banyak para pengguna smartphone saat ini yang tidak menggunakan nomor Indosat lama sama sekali.

Mereka hanya akan menggunakan nomor khusus untuk paket internet pada aktivitas sehari-hari. Hal ini akan menyebabkan pulsa menjadi menumpuk terlalu banyak dan tidak digunakan. 

Jika sampai lupa tidak mengisi pulsa sampai masa aktif habis, tentu semua sisa pulsa akan hangus. Nah trik selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan membeli paket masa aktif Indosat. 

Sehingga jika Anda menerapkan cara ini maka penambahan masa aktif akan semakin panjang. Karena ada masa aktif dari pengisian pulsa dan pembelian paket masa aktif. 

Sebelum Anda memutuskan membeli masa aktif, maka harus paham dulu apa saja paket yang tersedia. Anda bisa membeli paket masa aktif 3 hari dengan harga 2 ribu. 

Kemudian penambahan 14 hari dengan harga 5 ribu dan 30 hari seharga 10 ribu. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini cara memperpanjang masa aktif Indosat dengan paket masa aktif:

  • Pastikan dulu Anda sudah mengisi pulsa ke nomor Indosat.
  • Lalu buka HP dan jalankan menu pesan singkat SMS.
  • Selanjutnya tekan atau tap pada “Buat pesan baru” yang biasanya memiliki simbol “+”.
  • Pada nomor tujuan, isilah dengan angka “555”.
  • Kemudian pada isi pesan, ketik “Aktif3” untuk menambah 3 hari, “Aktif14” untuk 14 hari dan “Aktif30” untuk perpanjangan sebulan.
Kemudian pada isi pesan, ketik Aktif3 untuk menambah 3 hari
  • Terakhir tekan “Kirim” dan tunggu sampai ada SMS balasan.

Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa memperpanjang masa aktif Indosat sampai enam bulan atau bahkan setahun. Sebab pembelian paket masa aktif 30 hari hanya bisa dilakukan 3-4 kali secara berurutan. 

Jadi total pembelian hanya diizinkan penambahan masa aktif 3 bulan sampai 4 bulan. Artinya maksimal masa aktif adalah 4 bulan dan jika sudah tinggal sisa 3 bulan, Anda bisa kembali membeli paket masa aktif selama 30 hari. Tidak harus menunggu sampai habis 4 bulan.

3. Mendapat Pulsa Dari Transfer Pulsa

Cara memperpanjang masa aktif Indosat berikutnya adalah dengan menerima transfer pulsa dari orang lain. Transfer pulsa adalah salah satu fitur atau layanan yang diberikan oleh Indosat kepada para pelanggannya.

Dengan keberadaan layanan ini, Anda bisa melakukan pengiriman pulsa pribadi ke orang lain yang dikenal sesama Indosat. Nah ternyata, dengan transfer pulsa ini Anda juga bisa mendapatkan penambahan masa aktif layaknya membeli pulsa.

Namun penambahan yang akan Anda terima memang tidak begitu panjang seperti membeli pulsa sendiri. Tapi ini bisa menjadi alternatif ketika masa aktif Indosat Anda sudah sangat mepet sekali. Jika Anda ingin menggunakan transfer pulsa, ikuti cara berikut ini:

  • Pertama pastikan ada teman Anda yang mau transfer pulsa.
  • Lalu gunakan HP teman Anda dan buka aplikasi pesan SMS.
  • Kemudian pada bagian isi SMS ketik dengan format “Transferpulsa_nomor tujuan_jumlah pulsa yang akan dikirim”. Ganti tanda “_”dengan spasi. Contohnya “Transferpulsa 085608568566 10000”.
  • Kalau sudah, isi nomor penerima dengan “151” dan tap “Kirim”.
Kalau sudah, isi nomor penerima dengan 151 dan tap Kirim
  • Setelah itu tunggu saja sampai ada pesan balasan yang isinya berupa kombinasi angka token.
  • Cara selanjutnya balas SMS tersebut dengan bentuk “OK(spasi)Nomor Token” dan tap lagi “Kirim”. Misalnya “OK 34512373847” kirim ke 151.
Cara selanjutnya balas SMS tersebut dengan bentuk OK spasi Nomor Token
  • Kemudian Indosat akan membalas pesan itu yang isinya keterangan transfer pulsa berhasil atau gagal.

Ada beberapa ketentuan dalam menggunakan perpanjangan masa aktif Indosat lewat transfer pulsa. Pertama pastikan sisa pulsa dari pihak penerima sebesar 5 ribu atau lebih. Kemudian setiap transfer pulsa akan dikenakan biaya Rp 600,-.

4. Perpanjang dengan Menukar Poin Indosat

Cara memperpanjang masa aktif Indosat yang terakhir adalah dengan melakukan penukaran poin Indosat dengan masa aktif. Poin Indosat ini bisa didapatkan ketika rajin melakukan pengisian pulsa ke nomor Anda sendiri.

Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk memperpanjang masa aktif. Setiap 25 poin bisa Anda tukar menjadi 7 hari masa aktif, 50 poin menjadi 14 hari masa aktif dan kelipatan berikutnya.

Kalau ingin menukarkan poin jadi masa aktif, berikut ini beberapa tahapannya:

  • Pertama buka aplikasi Pesan di HP Anda.
  • Setelah itu tap pada kolom isi SMS dan ketik “POIN”.
  • Kemudian kolom pihak penerima isi dengan angka 7887 dan tekan kirim. Tunggu sampai ada balasan berapa jumlah poin yang Anda miliki.
  • Ketika sudah ada balasan, pastikan dulu mau menukarkan berapa poin.
  • Selanjutnya balas pesan balasan dari 7887 itu dengan isi “MA(spasi)jumlah poin yang ditukarkan”. Contohnya “MA 50”.
Selanjutnya balas pesan balasan dari 7887 itu dengan isi MA spasi jumlah poin
  • Terakhir tap “Kirim” dan tunggu sampai ada balasan perpanjangan masa aktif.

Silahkan Anda pilih mana cara memperpanjang masa aktif Indosat yang paling mudah dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa selalu mengecek masa aktif agar nomor Indosat tetap bisa digunakan dan tidak mengalami pemblokiran karena masa aktif habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *