Cara Menghemat Kuota WhatsApp

3 min read

2021 ini selalu memberikan cerita lain dan cerita yang baru dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat dampak Covid yang masih sangat terasa hingga saat ini ini membuat banyak orang berkata “wah sepertinya saya harus tahu cara menghemat kuota whatsApp”. Sebab saat ini dibutuhkan banyak kuota untuk WFH ataupun kuliah online.

Kalau Anda termasuk pengguna provider 12 Three maka Anda adalah salah satu golongan team kere hore. Untungnya saat ini beberapa aplikasi selalu memberikan pilihan agar dapat menghemat data Anda. Walaupun pilihan tersebut tak pernah berlaku untuk aplikasi YouTube.

Cara menghemat kuota WhatsApp, Tumblr, Twitter sebenarnya mirip-mirip saja. Hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana caranya. ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota Anda selagi membeli kuota tidak semudah biasanya.

Menonaktifkan Auto-Download

Cara Menghemat Kuota WhatsApp dengan menonaktifkan auto download

Salah satu cara paling sederhana adalah menonaktifkan auto download pada media. Setiap kali ada sebuah gambar ataupun video yang dikirim oleh seseorang pada Anda WhatsApp akan secara otomatis mengunduhnya sebagai salah satu koleksi dalam galeri. Hal tersebut punya dampak buruk pada kuota yang terbatas.

Hasilnya tentu Anda bisa tebak bahwa kuota akan sangat mudah sekali habis. Anda bisa bayangkan ketika sebuah klub mengirimkan gambar hingga 100 buah.

Kemudian WhatsApp akan melakukan auto download gambar-gambar beresolusi tinggi tersebut. Itu akan membuat konsumsi kuota Anda akan membengkak dalam sehari.

Pastinya cara ini juga memiliki kelemahan, cara menghemat kuota WhatsApp yang satu ini, membuat Anda harus memilih foto mana yang kira-kira ingin Anda download tanpa Anda bisa melihat sebelumnya.

Namun cara ini sangat efektif dan mudah dilakukan. Caranya Anda tinggal menuju ke halaman setting kemudian kebagian media.

Setelah itu nonaktifkan fitur auto download dengan menghilangkan tanda check pada bagian tersebut. Setelah itu, setiap ada foto atau video yang dikirimkan kepada Anda Anda tidak akan dapat melihatnya kecuali itu atas persetujuan Anda sendiri. Tentunya ini merupakan sebuah cara yang dapat Anda coba untuk menghemat kuota pada saat-saat tertentu.

Fitur auto download ini juga dapat diaktifkan hanya untuk beberapa pilihan saja. Dengan kata lain, Anda dapat tetap melihat foto secara langsung masuk ke dalam galeri Anda.

Jadi beberapa orang tertentu yang Anda pilih. melalui kemudahan tersebut Anda dapat melakukan non auto download pada grup WhatsApp yang terlalu aktif saja.

Data Limiter WhatsApp

Cara menghemat kuota WhatsApp lainnya adalah menggunakan data limiter. Fitur ini sudah tertanam dalam ponsel Anda namun, Anda tidak menggunakannya secara optimal.

Ketika Anda ingin mengaktifkan fitur ini Anda perlu menuju ke halaman setting pada telepon genggam Anda. Kemudian masuk ke bagian data usage, lalu aktifkan data limiter dan pilih aplikasi WhatsApp.

Anda dapat memilih beberapa aplikasi untuk dibatasi penggunaan datanya. tetapi Anda perlu menyadari bahwa ketika fitur ini diaktifkan, maka ada resiko bahwa aplikasi Anda akan memakan data lebih banyak kemudian tidak dapat digunakan lagi. Kejadian semacam itu sering terjadi pada pengguna fitur data limiter.

Baca Juga : Cara Kirim File Besar Lewat WA

Less Data For Call

Hemat Data dengan Less Data For Call

Fitur ini adalah sebuah fitur yang ada dalam WhatsApp Anda. Last data for call, atau menghemat data ketika melakukan panggilan telepon adalah salah satu cara menghemat kuota WhatsApp yang mana dapat berperan signifikan.

Dalam panggilan video misalnya, Data yang Anda gunakan dapat mencapai 1 giga atau lebih pada setiap kali panggilan yang memakan waktu 2 jam.

Dengan aktifnya fitur ini, Anda akan dapat menghemat kuota ketika Anda melakukan panggilan video ataupun panggilan telepon. Pastinya fitur ini juga memiliki harga untuk dibayar.

Harga yang dimaksud adalah kualitas panggilan video yang Anda lakukan tidak akan sejernih biasanya. Atau dapat berupa lebih lambat dalam koneksinya.

Sebuah panggilan video kepada keluarga misalnya, Anda dapat menghemat nya dengan signifikan ketika Anda melakukan panggilan video.

Kecuali panggilan video tersebut bersifat sangat penting. Anda bisa bayangkan berapa jumlah data yang akan terselamatkan ketika Anda mengaktifkan fitur ini pada panggilan video.

Auto Download WiFi Only

Cara Hemat Data WA dengan Auto Download Wifi Only

Jika Anda memang seorang perfeksionis, maka ada baiknya Anda mengaktifkan fitur auto download WiFi only ketika Anda ingin menghemat kuota.

Hal ini berarti segala jenis media berupa gambar, video, voice note atau dokumen hanya akan di-download ketika Anda terkoneksi dengan wifi.

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin melihat segala foto ataupun video masuk ke dalam galeri Anda. Namun, akan jauh lebih proporsional ketika segala jenis urusan download tersebut dilakukan melalui wi-fi yang punya kecepatan sekaligus limit data yang tidak terbatas.

Mungkin dapat dibilang cara ini merupakan cara paling realistis yang dapat dilakukan, mengingat terkadang sebuah grup mengirimkan foto-foto penting seperti laporan perusahaan dan hal-hal lain.

Jadi segala urusan download Anda hanya akan dilakukan ketika WiFi sudah terkoneksi dengan smartphone. Secara otomatis kuota Anda tidak akan berkurang apapun habis untuk mendownload media tersebut.

Gunakan Mobile Data untuk Dokumen

Hemat Data WA Terbaru

Cara menghemat kuota WhatsApp yang satu ini, merupakan cara yang cukup memudahkan Anda apabila WhatsApp digunakan sebagai alat komunikasi utama.

Ketika Anda bekerja di sebuah kantor dan kantor tersebut memiliki grup WhatsApp maka kemungkinan besar grup tersebut akan menyimpan banyak dokumen penting bagi pekerjaan Anda.

Ketika Anda mengalihkan penggunaan mobile data untuk dokumen, maka setiap foto atau video tidak akan terdownload namun setiap dokumen yang terkirim akan terdownload secara otomatis. Hal ini akan memudahkan Anda pada urusan pekerjaan yang mempunyai banyak dokumen.

Anda tidak perlu menunggu koneksi WiFi untuk melakukan download pada dokumen sebab dokumen telah memiliki fitur auto download secara otomatis.

Fitur ini hanya akan aktif ketika Anda menghidupkan data seluler atau menggunakan kuota sebagai koneksi utama internet. Ketika Anda tersambung ke wi-fi, maka fitur ini akan dinonaktifkan oleh WhatsApp dan diaktifkan kembali ketika Anda terputus dari wi-fi.

Tentunya fitur ini dapat dibilang sangat berguna bagi mereka yang menggunakan grup WhatsApp sebagai salah satu media pekerjaan.

Bisa jadi dalam kasus ini, dokumen-dokumen penting dari perusahaan merupakan prioritas utama bagi grup tersebut.

Maka fitur ini akan sangat membantu Anda dalam menghemat kuota terutama ketika Anda tidak tersambung pada WiFi.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghemat kuota WhatsApp. Cara-cara diatas tentu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Yang perlu Anda lakukan adalah melihat apa yang sebenarnya Anda butuhkan serta Anda prioritaskan dalam penggunaan WhatsApp. Barulah pada titik itu Anda dapat menentukan cara mana yang paling ideal digunakan.

Jika harus merekomendasikan, makan rekomendasi yang paling baik mungkin adalah dengan menonaktifkan fitur auto download untuk grup yang terlalu aktif.

Dengan melakukan hal tersebut dijamin Anda akan lebih menghemat kuota sebab grup yang terlalu aktif akan memberikan spam berupa gambar ataupun video secara terus-menerus.

Cara Mengubah PDF Ke Word

Agan Doni
1 min read

Anime Movie Terbaik

Den Bagus
5 min read

Anime Action Terbaik

Den Bagus
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *