Perbedaan WordPress dan Blogspot

2 min read

Saat ini blogging menjadi salah satu aktivitas populer di kalangan masyarakat. Bagi mereka yang hanya sekadar hobi menulis hingga mencari uang dari internet pun melakukan aktivitas blogging. Apalagi dengan banyaknya platform blog yang bisa kamu pilih seperti WordPress dan Blogspot. Namum, apa yang membedakan keduanya? 

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Dari banyaknya pilihan platform blogging, ada dua alat atau tool yang paling sering digunakan, yaitu WordPress dan Blogspot. Tetapi dari kedua pilihan tersebut, manakah yang paling baik? 

Pada pembahasan selanjutnya, kamu akan mengetahui secara lengkap tentang perbedaan dari platform blogging yaitu WordPress dan Blogspot. 

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah layanan paling sederhana dan populer untuk membuat situs web atau blog kamu sendiri. 

Namun perlu kamu perhatikan bahwa layanan yang ditawarkan oleh WordPress untuk membuat website ada dua macam pilihan, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. 

Layanan WordPress.com 

Jenis layanan WordPress yang menggunakan domain .com ini digunakan untuk membuat blog secara gratis. 

Namun, saat mulai aktif dan beroperasi WordPress tersebut juga masih bisa mendapatkan akses ke paket premium dan mengaktifkan fitur-fitur tambahan sesuai kebutuhan.

Layanan WordPress.org 

WordPress.org ini merupakan sebuah proyek open-source, sehingga memiliki lebih banyak fitur hingga opsi lain yang canggih. 

Umumnya, WordPress.org inilah yang paling banyak digunakan, karena bisa diinstal secara gratis. 

Tetapi ketika ingin membuat blog atau website pastikan kamu harus memiliki hosting murah Indonesia dan nama domain terlebih dahulu, ya. Kamu bisa cek langsung harga domain termurah saat ini di DomaiNesia. 

Itulah dua macam jenis layanan WordPress yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Dan juga Content Management System (CMS) pada dasarnya adalah sebuah alat yang memudahkan kamu untuk mengelola seluruh aspek penting pada situs website.

Sebagai contoh untuk mengelola konten tanpa perlu mengetahui apapun tentang pemrograman. Jadi bagi kamu seorang pemula pun juga tetap bisa menggunakan WordPress dengan sederhana dan mudah. 

Dengan kemudahan CMS WordPress ini membuat pembuatan situs web dapat diakses oleh siapa saja, bahkan orang yang bukan pengembang tertentu.

Penggunaan WordPress

WordPress saat ini tidak hanya mendukung sejumlah besar situs bisnis dan blog, tetapi juga merupakan metode paling populer untuk membuat toko online. 

Kemudian, banyak orang yang juga menggunakan WordPress untuk situs website bisnis, toko online, menulis blog, portofolio, membuat forum, jaringan sosial, hingga untuk situs keanggotaan.

Apa itu Blogspot?

Blogspot berasal dari Blogger.com yang merupakan sebuah situs untuk membuat blog tanpa berbayar atau gratis. 

Perlu kamu tahu bahwa Blogspot ini dikembangkan oleh Google. Sejak dulu hingga saat ini, Blogger dikenal sebagai platform yang sangat ramah pengguna atau disebut juga user-friendly.

Dengan menggunakan tool Blogspot ini, kamu bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit, serta bisa mempublikasikan unggahan tersebut. 

Mulai dari pembuatan blog hingga mengunggah sebuah konten pada Blogspot bisa dilakukan secara gratis. Dalam penggunaannya kamu membutuhkan akun Google.

Kunjungi situs website Blogspot dan kemudian daftar dengan akun Google. Jika sudah berhasil daftar, klik opsi Create New Blog

Selanjutnya, kamu bisa langsung memilih nama tampilan sesuai yang diinginkan, lalu membuat judul, alamat, dan tema blog.

Setelah selesai merapikan tampilan blog sesuai dengan keinginan, website milikmu telah siap untuk digunakan. 

Tak ketinggalan kamu juga dapat mengkonfigurasi pengaturan blog, mengedit tata letak, dan menambahkan unggahan konten secara gratis. Bagi kamu yang ingin mengubah desain blog pada Blogspot, perlu menambahkan keterampilan HTML.

Kontrol dan fleksibilitas dengan Blogspot

Blogger atau Blogspot ini dirancang untuk menjadi sebuah tools atau alat blogging sederhana yang mudah digunakan oleh siapapun. 

Blogspot ini memiliki gadget bawaan yang memungkinkan kamu untuk menambahkan fitur seperti iklan, tautan berlangganan, formulir kontak, dan masih banyak lainnya. 

Tetapi sayangnya, gadget ini memiliki fungsi yang terbatas, dan tidak ada alternatif lain yang tersedia untuk mereka.

Kemudian, sangat berbeda dengan WordPress opsi lanjutan seperti popup, fitur eCommerce, dan lainnya tidak tersedia di platform Blogspot. Tentunya hal ini sangat membatasi potensi kamu untuk menghasilkan uang menggunakan Blogspot.

Itulah perbedaan WordPress dan Blogspot. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menjadi sebuah platform untuk blogging, tetapi fitur yang ditawarkan sangatlah berbeda. Jadi, bagi kamu yang ingin mulai untuk melakukan blogging bisa memilih platform sesuai dengan kebutuhan.

Como Usar O Internet Explorer No Windows 10

Uma interface elegantemente intuitiva, proteção avançada de aplicações, um novo modo passivo para executar vários produtos de segurança em paralelo e algo especial para...
Den Bagus
3 min read

Alan Wake

Qualquer pessoa pode baixar e usar o Windows 10 por 30 dias, mas para obter o acesso permanente, é necessária uma licença. Sem dúvida,...
Reki Alhasani
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.